Tautan-tautan Akses

AS Dukung Upaya Tunisia Pulihkan Investasi


PM Tunisia Habib Essid memberikan keterangan pers di Tunis (foto: dok).

PM Tunisia Habib Essid memberikan keterangan pers di Tunis (foto: dok).

Tunisia membuat dunia kagum dengan keberhasilannya melakukan transisi politik secara demokratis lewat pembentukan pemerintah baru bulan lalu.

Pemerintah baru Tunisia mengukuhkan kinerjanya pekan ini dengan menyelenggarakan konferensi tentang investasi dan kewirausahaan – yang didukung Amerika – dan dirancang untuk mendorong keyakinan internasional pada pemerintah demokrasi baru yang sedang berjuang.

Tunisia membuat dunia kagum dengan keberhasilannya melakukan transisi politik secara demokratis lewat pembentukan pemerintah baru bulan lalu, tetapi sejak revolusi tahun 2011 kondisi ekonominya masih belum stabil dan investor asing menjauhi negara itu setelah masa revolusi yang hiruk-pikuk.

Konferensi yang menampilkan rekaman video Presiden Barack Obama dan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Amerika Penny Pritzker itu, dinilai oleh para pejabat Tunisia sebagai cara menyampaikan kepada dunia bahwa Tunisia kembali pulih.

Perdana Menteri Tunisia Habib Essid membuka konferensi yang menjanjikan reformasi ekonomi dan harapan agar perjanjian perdagangan bebas antara Tunisa dan Amerika – yang sudah lama tertunda – akhirnya bisa diselesaikan.

Delegasi Amerika memuji pencapaian Tunisia tetapi pada saat bersamaan mengusulkan daftar reformasi yang perlu dilakukan Tunisia jika ingin memulihkan ekonomi dan meraih investasi yang diperlukan – termasuk mencapai perjanjian perdagangan bebas.

XS
SM
MD
LG