Tautan-tautan Akses

AS

Biden: AS Dukung Ukraina Lawan Agresi Rusia


Wapres AS Joe Biden menegaskan dukungan Washington terhadap Ukraina dalam pidato di lembaga Brookings di Washington, Rabu (27/5).

Wapres AS Joe Biden menegaskan dukungan Washington terhadap Ukraina dalam pidato di lembaga Brookings di Washington, Rabu (27/5).

Wapres AS Joe Biden Rabu (27/5) menegaskan bahwa Washington akan mendukung pemerintah Ukraina dalam melawan agresi Rusia.

Amerika Serikat akan mendukung Ukraina untuk melawan agresi Rusia, yang telah menjadi pertimbangan penting bagi keamanan Eropa.

Berbicara di lembaga Brookings Institution yang berbasis di Washington Rabu (27/5), Wakil Presiden Joseph Biden mengatakan dukungan bagi Ukraina penting untuk masa depan negara itu, untuk masa depan keamanan Eropa dan untuk masa depan tatanan internasional.

"Selama pemimpin Ukraina tetap setia dengan proyek reformasi, AS akan terus mendukung mereka," kata Biden.

Sanksi AS terhadap Rusia harus dan akan tetap berlaku sampai perjanjian Minsk sepenuhnya dilaksanakan, tambah Biden.

Kesepakatan Minsk, yang dicapai pada bulan Februari oleh Perancis, Jerman, Rusia, Ukraina dan separatis pro-Rusia, termasuk gencatan senjata dan penarikan pasukan asing serta senjata berat yang mengarah pada solusi langgeng bagi konflik di Ukraina.

AS juga akan berfokus langsung pada tragedi kemanusiaan yang diciptakan oleh agresi Rusia, kata Biden.

Dalam salah satu pidato bernada paling keras oleh seorang pejabat tinggi Amerika, wakil presiden AS mengatakan "Rusia mengambil langkah-langkah untuk melemahkan tetangganya di Eropa dan memperkuat dominasinya," yang sangat dikecam oleh Amerika Serikat dan Barat.

XS
SM
MD
LG