Tautan-tautan Akses

AS Dukung Pasukan yang Gempur ISIS di Suriah


Para anggota Pasukan Demokrat Suriah (SDF) siaga di dekat Manbij, Aleppo, Suriah (17/6).

Para anggota Pasukan Demokrat Suriah (SDF) siaga di dekat Manbij, Aleppo, Suriah (17/6).

Pasukan Demokrat Suriah (SDF) masuk ke Manbij hari Kamis (23/6) dengan dukungan udara dari pasukan koalisi pimpinan Amerika.

Pasukan Demokratik Suriah SDF yaitu koalisi pasukan Kurdi dan Arab dukungan Amerika memasuki sebuah kota Suriah dekat perbatasan Turki yang dikuasai militan ISIS sejak lebih dari dua tahun lalu. Pasukan SDF berhasil menerobos masuk ke kota itu setelah pertempuran selama tiga minggu dengan kelompok teror itu di seluruh kota.

Pengamat HAM Suriah melaporkan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) masuk ke Manbij hari Kamis (23/6) dengan dukungan udara dari pasukan koalisi pimpinan Amerika.

Pimpinan Pengamat HAM Suriah di Inggris, Rami Abdulrahman lewat telepon dari Inggris mengatakan “bentrokan terjadi di daerah selatan kota itu”.

“Dua hal yang menghalangi SDF menguasai kota itu sepenuhnya adalah warga sipil yang digunakan oleh ISIS dan ranjau yang dipasang ISIS itu di seluruh kota.

Abulrahman, yang kelompoknya memiliki reporter di lapangan mengatakan sekurangnya 1000 pejuang ISIS masih berada di dalam kota itu, memerangi pasukan pimpinan Kurdi dengan senjata ringan dan sedang.

Koalisi pimpinan Amerika memperkirakan militan ISIS akan melawan di Manbij sampai detik-detik terakhir mengingat secara strategis kota itu sangat penting bagi mereka.

Manbij adalah terletak pada posisi penting jalur pasokan ISIS antara perbatasan Turki dan Raqqa ibukota de fakto ISIS yang juga mendapat tekanan berat dari serangan-serangan pemerintah Suriah. Jika Manbij direbut, maka akan menjadi kekalahan strategi terbesar bagi ISIS di Suriah sejak 2015, ketika ISIS kehilangan kota perbatasan Tal-Abyad. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG