Tautan-tautan Akses

AS Dilanda Kekeringan Terparah dalam 25 Tahun


Tanah pertanian di kota Nashville, negara bagian Illinois mengalami kekeringan akibat sedikitnya curah hujan selama musim panas tahun ini.

Tanah pertanian di kota Nashville, negara bagian Illinois mengalami kekeringan akibat sedikitnya curah hujan selama musim panas tahun ini.

Tingginya suhu musim panas dan sedikitnya curah hujan selama berpekan-pekan di Amerika, memicu kemarau terparah dalam 25 tahun.

Menteri Pertanian Tom Vilsack hari Rabu memberi penjelasan singkat kepada Presiden Barack Obama tentang meluasnya kemarau itu, di mana 61 persen dari luas tanah di Amerika kini menjadi kering, membuat sebagian besar pertanian tanaman jagung dan kedelai mengalami gagal panen.

Beberapa negara bagian yang dilanda kemarau umumnya terletak di bagian selatan Amerika, tetapi para pejabat pertanian mengatakan lahan-lahan ladang di utara juga mulai kering.

Amerika adalah produsen utama jagung dan kedelai di dunia, dua tanaman yang digunakan untuk pakan ternak dan produksi pangan. Tetapi Tom Vilsack – yang pernah menjadi gubernur di negara bagian Iowa – memberitahu para wartawan dalam penjelasan di Gedung Putih bahwa kemarau telah sangat membatasi pertumbuhan dua jenis tanaman itu.

Menteri Pertanian Tom Vilsack mengatakan kemarau telah memicu kenaikan harga jagung dan kedelai, membuat harga jagung mencapai 7,8 dollar per karung atau melonjak 38 persen dalam beberapa pekan ini, sementara harga kedelai mencapai yang tertinggi dalam empat tahun.

Namun Tom Vilsack mengatakan para konsumen di Amerika mungkin tidak akan merasakan kenaikan harga daging, ayam dan babi dalam jangka pendek karena para peternak mungkin mengurangi jumlah ternak mereka dibanding ukuran normal, daripada membayar harga pakan ternak yang lebih tinggi untuk memeliharanya.

Tom Vilsack mengatakan secara keseluruhan dampak kemarau sulit diprediksi, antara lain karena terbatasnya curah hujan di beberapa daerah dan penggunaan bibit yang tahan kemarau telah membantu tanaman tetap tumbuh baik di beberapa tempat. Meskipun terjadi kemarau, ia menambahkan panen jagung di Amerika merupakan yang terbesar ketiga – antara lain karena lebih banyak ladang yang ditanami jagung tahun ini.

Tom Vilsack mengatakan Presiden Barack Obama menyederhanakan proses untuk menyatakan daerah-daerah yang dilanda kemarau agar memperoleh bantuan keuangan negara dan memotong suku bunga pinjaman bencana.

XS
SM
MD
LG