Tautan-tautan Akses

AS Desak Swiss Serahkan Informasi Warga AS yang Simpan Uang di Bank Swiss


Wakil Jaksa Agung AS, James Cole meminta informasi warga AS yang menyimpan uang di Credit Suisse dan bank Swiss lainnya.

Wakil Jaksa Agung AS, James Cole meminta informasi warga AS yang menyimpan uang di Credit Suisse dan bank Swiss lainnya.

Ribuan warga Amerika di dicurigai menyimpan uang mereka di bank-bank Swiss untuk menghindari pajak di Amerika.

Pemerintah Amerika telah menyampaikan ultimatum kepada pemerintah Swiss untuk menyerahkan informasi tentang ribuan warga Amerika di dicurigai menyimpan uang mereka di bank-bank Swiss untuk menghindari pajak di Amerika.

Laporan pers Swiss mengutip surat Wakil Jaksa Agung Amerika James Cole yang minta keterangan terinci tentang warga Amerika yang punya rekening pada bank Credit Suisse dan sembilan bank lain yang lebih kecil.

Kalau pemerintah Swiss tidak memberikan informasi itu paling lambat hari Selasa, kemungkinan tuduhan kriminal akan diajukan atas satu atau lebih bank Swiss, kata laporan pers itu.

Laporan yang dimuat harian SonntagsZeitung, mengatakan, pemerintah Amerika minta informasi tentang sejumlah warga Amerika yang punya simpanan 50.000 dollar atau lebih pada bank-bank Swiss antara tahun 2002 sampai tahun 2010.

Tahun lalu parlemen Swiss mengizinkan bank raksasa UBS untuk memberikan nama 4.500 warga Amerika yang dicurigai menyembunyikan ratusan juta dollar supaya jangan membayar pajak di Amerika. Kata pejabat Amerika, banyak warga Amerika yang diawasi itu telah memindahkan uang mereka ke bank-bank Swiss yang lebih kecil.

XS
SM
MD
LG