Tautan-tautan Akses

AS Desak Rusia Tidak Campuri Masalah Ukraina


Pasukan bersenjata terlihat berpatroli di bandara Simferopol di Krimea, Ukraina (28/2), yang digambarkan oleh pemimpin baru Ukraina sebagai intervensi Moskow.

Pasukan bersenjata terlihat berpatroli di bandara Simferopol di Krimea, Ukraina (28/2), yang digambarkan oleh pemimpin baru Ukraina sebagai intervensi Moskow.

Gedung Putih hari Jumat mendesak Rusia untuk menghormati integritas teritorial Ukraina, sementara presiden Rusia menekankan kepada para pemimpin Eropa pentingnya untuk “menormalkan” situasi disana.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika Serikat sangat prihatin mendengar berbagai laporan mengenai intervensi Rusia di Krimea di Ukraina selatan dan dia menekankan kembali komentar yang pernah disampaikan oleh para pejabat Amerika lainnya bahwa intervensi di Ukraina adalah “kesalahan besar.”

Carney mengatakan Washington meminta klarifikasi mengenai berbagai laporan tentang intervensi Rusia di Krimea, dimana kawanan bersenjata pro-Rusia menduduki gedung-gedung pemerintah hari Kamis.

Hari Jumat, Menteri Dalam Negeri interim Ukraina Arsen Avakov mengatakan pasukan Rusia memblokir bandara Belbek di Sevastopol, dimana Rusia memiliki pangkalan angkatan laut.

Koresponden VOA Elizabeth Arrott yang terbang ke Bandara Simferopol hari Jumat melihat kawanan bersenjata berseragam loreng dan membawa senapan otomatis di bandara itu.

Sementara itu, Kremlin mengatakan dalam pernyataan hari Jumat bahwa Presiden Vladimir Putin merundingkan situasi di Ukraina lewat telepon dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Ketua Dewan Eropa Herman Van Rompuy.

Menurut Kremlin, percakapan itu menekankan perlunya mencegah eskalasi kekerasan lebih jauh dan dengan cepat menormalisasi situasi di Ukraina.

Hari Kamis, Kremlin melaporkan bahwa Putin telah menginstruksikan pemerintahannya “untuk terus berhubungan dengan mitra-mitra di Kiev mengenai isu peningkatan hubungan perdagangan dan ekonomi antara Rusia dan Ukraina.”
XS
SM
MD
LG