Tautan-tautan Akses

AS Desak Myanmar Agar Perlakukan Warga Rohingya Lebih Baik


Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken di @america, Jakarta, 20 Mei 2015. (Foto: dok)

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken di @america, Jakarta, 20 Mei 2015. (Foto: dok)

Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, akan berbicara dengan para pemimpin Myanmar, Kamis (21/5) untuk memperbaiki kondisi di negara bagian Rakhine.

Seorang pejabat diplomatik senior AS bertolak ke Myanmar, di mana ia akan menyerukan agar memperlakukan warga minoritas Rohingya di negara itu secara lebih baik.

Langkah tersebut diambil sehari setelah Washington mengisyaratkan bersedia membantu memberikan perlindungan bagi ribuan anggota kelompok etnis itu yang terdampar di laut.

Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan ia akan berbicara dengan para pemimpin Myanmar, Kamis (21/5) tentang tanggung jawab negara itu untuk memperbaiki kondisi di negara bagian Rakhine, sehingga orang tidak merasa bahwa pilihan mereka hanyalah pergi dan menempuh bahaya di laut.

Sekitar 3.000 pengungsi dan migran, kebanyakan warga Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh, telah diselamatkan atau berenang ke darat di negara-negara Asia Tenggara selama 10 hari terakhir ini, setelah ditinggalkan di laut oleh penyelundup manusia. Ribuan lainnya diduga terus terapung, dengan persediaan perbekalan yang terus berkurang.

XS
SM
MD
LG