Tautan-tautan Akses

AS Desak Birma Hentikan Pertempuran dengan Etnis Minoritas


Ribuan pengungsi etnis minoritas Kachin di Birma berusaha menyeberang ke Tiongkok untuk menghindari kekerasan akibat pertempuran (16/6).

Ribuan pengungsi etnis minoritas Kachin di Birma berusaha menyeberang ke Tiongkok untuk menghindari kekerasan akibat pertempuran (16/6).

Jurubicara Deplu AS Kelly McKellogg hari Kamis menyerukan dimulainya dialog ke arah rekonsiliasi dengan oposisi dan suku minoritas.

Amerika Serikat mendesak Birma agar menghentikan pertempuran di daerah-daerah suku minoritas di bagian utara negara itu, sementara pertempuran maut antara pasukan pemerintah dan pemberontak telah memaksa banyak penduduk mengungsi ke arah negara tetangga Tiongkok.

Jurubicara Departemen Luar negeri Amerika Kelly McKellogg hari Kamis menyerukan kepada pemerintah Birma agar memulai dialog ke arah rekonsiliasi dengan oposisi dan suku-suku minoritas. Dia mengatakan Amerika Serikat sedang memantau keadaan dengan hati-hati di Birma, dimana pasukan pemerintah melakukan serangan terhadap suku pemberontak di utara.

Organisasi berita Kachin yang berbasis di Thailand, yang mempunyai hubungan erat dengan pemberontak, mengatakan lebih dari 10 ribu orang pengungsi Kachin telah melarikan diri ke perbatasan Tiongkok dalam pertempuran beberapa hari ini.

Seorang saksi memberitahu VOA bahwa sebagian besar pengungsi telah ditolak di perbatasan, dan sekarang bersembunyi di gereja-gereja dan hutan di dekatnya. Tetapi, Tiongkok telah membantah bahwa pengawal perbatasannya telah menolak izin masuk bagi ribuan pengungsi.

XS
SM
MD
LG