Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat AS Diduga akan Desak Beijing Hindari Eskalasi di Laut China Selatan


Penasihat keamanan nasional Amerika, Susan Rice.(Foto: Dok)

Penasihat keamanan nasional Amerika, Susan Rice.(Foto: Dok)

Susan Rice akan menekankan komitmen Amerika untuk memperluas kerjasama dan secara konstruktif mengelola perbedaan dengan China.

Penasihat keamanan nasional Amerika, Susan Rice, akan berkunjung ke Beijing dan Shanghai minggu depan, sebelum KTT G20 di China, menurut pernyataan Gedung Putih Jumat (22/7).

Di Beijing, Rice dijadwalkan bertemu dengan pejabat pemerintah senior, termasuk anggota Dewan Negara Yang Jie-chi, untuk berkonsultasi tentang sejumlah isu bilateral, kawasan, dan global menjelang lawatan Presiden Barack Obama ke China pada September untuk KTT G20, demikian ujar pernyataan Gedung Putih itu.

Di Shanghai, Rice akan bertemu dengan eksekutif bisnis guna membahas kondisi bagi bisnis Amerika yang beroperasi di China, serta bertemu dengan warga di sana.

Rice akan menekankan komitmen Amerika untuk memperluas kerjasama dan secara konstruktif mengelola perbedaan dengan China, demikian kata pernyataan itu.

Kunjungan Susan Rice pada 24 sampai 27 Juli itu merupakan lawatan pertama pejabat tingkat tertinggi Amerika sejak sebuah mahkamah PBB menolak klaim China atas wilayah yang luas di perairan strategis itu.

Dalam wawancara eksklusif dengan kantor berita Reuters, Rice dikutip mengatakan, militer Amerika akan terus “berlayar dan beroperasi” di Laut China Selatan, meskipun ada peringatan dari China bahwa patroli seperti itu bisa berakhir dengan “bencana.” [jm]

XS
SM
MD
LG