Tautan-tautan Akses

AS Deportasi Warga Pakistan Terkait Bom New York yang Gagal


Persidangan Faisal Shahzad, pelaku bom di Times Square yang gagal, di pengadilan New York.

Persidangan Faisal Shahzad, pelaku bom di Times Square yang gagal, di pengadilan New York.

Aftab Ali Khan, 28 tahun, mengaku menyediakan uang sebesar 4.900 dolar AS untuk Faisal Shahzad, pelaku bom yang gagal.

Amerika mendeportasi seorang pria warga Pakistan yang berperan dalam rencana pemboman Times Square yang gagal di New York tahun 2010.

Pihak berwenang Amerika hari Minggu menyertai Aftab Ali Khan dalam penerbangan dari kota Boston, Amerika ke ibukota Pakistan, Islamabad. Khan diperintahkan untuk dideportasi setelah ia mengaku bersalah karena memalsukan dokumen imigrasi dan mentransfer uang secara gelap.

Pihak berwenang mengatakan Khan yang berusia 28 tahun menyediakan uang sebesar 4.900 dolar AS untuk Faisal Shahzad, warga negara Amerika melalui naturalisasi yang lahir di Pakistan. Ia gagal dalam upaya meledakkan tiga bom mobil terpisah di salah satu daerah tersibuk di kota New York bulan Mei 2010. Amerika tidak menuduh Khan terlibat dalam rencana pemboman atau mengetahui apa yang akan dilakukan oleh Shahzad dengan uang itu.

Pendeportasian Aftab Ali Khan adalah bagian dari kesepakatan penyelesaian dari tuduhan bahwa ia berbohong kepada pihak berwenang Amerika ketika ia diselidiki.

Shahzad mengaku bersalah dalam upaya serangan bom dan tahun lalu ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan pembebasan bersyarat.

XS
SM
MD
LG