Tautan-tautan Akses

AS dan Tiongkok Akhiri Perundingan Dua Hari di Washington


Menkeu AS Timothy Geithner (kiri) dan Wakil PM Tiongkok Wang Qishan dalam dialog bilateral AS-Tiongkok di Washington (9/5).

Menkeu AS Timothy Geithner (kiri) dan Wakil PM Tiongkok Wang Qishan dalam dialog bilateral AS-Tiongkok di Washington (9/5).

Menkeu Geithner mengatakan Tiongkok telah membiarkan nilai mata uangnya naik namun belum sepadan dengan perekonomian Tiongkok yang kuat.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan telah ada perubahan-perubahan yang menggembirakan dalam kebijakan ekonomi Tiongkok.

Geithner berbicara hari Selasa pada akhir perundingan tingkat tinggi antara Tiongkok dan Amerika, yang berlangsung dua hari di Washington.

Menteri keuangan itu mengatakan Amerika mendukung Tiongkok melakukan lebih banyak lagi untuk beralih dari perekonomian berdasarkan ekspor menjadi ekonomi untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Geithner mengatakan Tiongkok telah membiarkan nilai mata uangnya naik namun mendesak Tiongkok untuk membiarkan mata uangnya agar naik lebih tinggi lagi yang sepadan dengan perekonomian Tiongkok yang kuat.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan kedua pihak mencapai kemajuan dalam perundingan “yang terbuka” mengenai berbagai masalah termasuk pelaksanaan HAM Tiongkok.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan mengatakan Amerika sepakat untuk lebih adil dalam kebijakan yang membatasi ekspor sebagian produk-produk teknologi tinggi ke Tiongkok. Ia juga mengatakan perundingan selama dua hari itu sukses dan menanti kerjasama ekonomi yang lebih erat.

XS
SM
MD
LG