Tautan-tautan Akses

AS

AS dan Sekutunya Dewan Teluk Bahas Proses Transisi di Suriah


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry di Pangkalan Angkatan Udara King Salman, Riyadh, Arab Saudi (23/1).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry di Pangkalan Angkatan Udara King Salman, Riyadh, Arab Saudi (23/1).

Menurut Menlu AS John Kerry, ada kesepakatan bahwa Kelompok Pendukung Internasional Suriah akan bertemu segera setelah babak pertama pembicaraan Suriah yang dipimpin PBB, yang direncanakan pekan depan di Jenewa.

Amerika dan negara-negara sekutunya di Teluk sudah mengetahui dengan jelas mengenai bagaimana melanjutkan langkah-langkah awal dalam pembicaraan yang dapat menghasilkan transisi politik di Suriah, kata Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.

Tanggapannya dari Riyadh hari Sabtu dikeluarkan setelah pembicaraan dengan para pejabat Saudi dan para anggota lain Dewan Kerjasama Teluk.

Kerry mengatakan ada kesepakatan bahwa Kelompok Pendukung Internasional Suriah akan bertemu segera setelah babak pertama pembicaraan Suriah yang dipimpin PBB, yang direncanakan pekan depan di Jenewa.

“Kita ingin menjaga agar prosesnya berjalan terus, sehingga proses transisi di Suriah itu 'menjadi kenyataan',” kata Kerry.

Arab Saudi, Iran dan Amerika Serikat termasuk di antara negara-negara kuat dunia yang menjadi anggota kelompok yang mendukung proses yang dipimpin PBB tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG