Tautan-tautan Akses

AS

Diplomat AS: AS-Kuba Bisa Kerjasama Bantu Layanan Kesehatan di Haiti


Seorang anak Haiti yang menderita kolera mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan yang dibangun "Dokter Tanpa Tapal Batas" di ibukota Port-au-Prince (foto: dok).

Seorang anak Haiti yang menderita kolera mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan yang dibangun "Dokter Tanpa Tapal Batas" di ibukota Port-au-Prince (foto: dok).

Seorang diplomat Amerika mengatakan menyusul normalisasi hubungan diplomatik AS dan Kuba, para dokter dari kedua negara dapat bekerja sama membantu layanan kesehatan Haiti yang bobrok.

Seorang diplomat Amerika mengatakan negaranya dan Kuba memiliki “kesempatan bersejarah” untuk bekerjasama memberikan layanan kesehatan bagi Haiti, yang masih bersusah payah untuk pulih dari gempa hebat tahun 2010 yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang.

Brian Shukan, wakil duta besar Amerika di Port-au-Prince hari Kamis (17/9) mengatakan bahwa menyusul dibangunnya kembali hubungan diplomatik antara Amerika dan Kuba, para dokter dari kedua negara dapat bekerja bersama untuk membantu meningkatkan sistem layanan kesehatan Haiti yang bobrok.

“Kita tahu Kuba punya sejarah kerjasama medis yang panjang di Haiti, punya banyak keahlian, ratusan dokter Kuba telah bekerja di sini untuk melakukan perbaikan nyata,” kata Shukan sewaktu para diplomat dan dokter dari Amerika dan Kuba mengunjungi rumah sakit St Luke di luar ibukota Haiti.

Kerjasama antara Kuba dan Amerika merupakan hal alami, kata Duta Besar Kuba Ricardo Garcia Napoles dalam kunjungan ke rumah sakit itu.

Pekan lalu, para dokter Kuba mengunjungi kapal rumah sakit Amerika USNS Comfort yang berlabuh di Port-au-Prince, di mana staf medis kapal tersebut memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga Haiti dalam misi kapal itu di Haiti.

Kuba terkenal karena mengirim ribuan dokter ke negara-negara miskin di seluruh dunia dan memberikan layanan kesehatan gratis.

“Tantangannya bagi kami sekarang adalah melanjutkan pembicaraan dan mengupayakan sinergi di antara kami,” ujar Shukan mengenai kerjasama antara para dokter Amerika dan Kuba itu.

Sebelumnya tahun ini, Amerika Serikat dan Kuba menjalin kembali hubungan diplomatik yang putus lebih dari 50 tahun silam.

XS
SM
MD
LG