Tautan-tautan Akses

AS Coba Redakan Ketegangan Baru Israel-Palestina


Menlu AS John Kerry akan bertemu PM Israel Netanyahu di Roma, Senin 15/12 (foto: dok).
Menlu AS John Kerry akan bertemu PM Israel Netanyahu di Roma, Senin 15/12 (foto: dok).

Menlu AS John Kerry akan membahas rancangan resolusi PBB yang diajukan Yordania mengenai pengakuan negara Palestina, dengan PM Israel Netanyahu di Roma, Senin (15/12).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sedang berusaha mencegah ketegangan baru menjelang akhir tahun di PBB terkait rancangan resolusi pengakuan Palestina sebagai sebuah negara.

Kerry hari Jumat (12/12) mengatakan bahwa ia akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Roma hari Senin untuk membahas rancangan tersebut.

Berbicara kepada wartawan dalam lawatan ke Kolombia, Kerry mengatakan ada banyak perbedaan pendapat di antara para anggota Dewan Keamanan PBB di mana Amerika memiliki hak veto.

Yordania telah mengajukan rancangan resolusi agar PBB mendukung Palestina sebagai sebuah negara.

Israel telah lama menentang hal demikian sebelum ada perjanjian damai Israel-Palestina. Kerry sempat menengahi upaya perdamaian, tetapi gagal bulan April lalu.

Kerry juga menelpon Presiden Palestina Mahmoud Abbas membahas situasi di Timur Tengah. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Kerry mengucapkan belasungkawa atas tewasnya pejabat tinggi Palestina Ziad Abu Ain ketika terjadi konfrontasi dengan pasukan Israel.

XS
SM
MD
LG