Tautan-tautan Akses

AS

AS, China Sepakati Dialog Kerjasama Antariksa Sipil Ketiga


Peluncuran laboratorium antariksa eksperimental milik China dari Jiuquan, provinsi Gansu, 15 September 2016.

Peluncuran laboratorium antariksa eksperimental milik China dari Jiuquan, provinsi Gansu, 15 September 2016.

Di Amerika Serikat, kerjasama dengan badan antariksa China merupakan topik yang sensitif.

Amerika Serikat dan China sepertinya menghindari publisitas di tengah upaya melakukan lebih banyak dialog dan kerjasama seputar penjelajahan angksa luar.

Deprtemen Luar Negeri Amerika menjadi tuan rumah pembicaraan kerjasama antariksa di Washington minggu lalu dengan delegasi yang dipimpin oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA), tetapi pejabat Amerika tidak mengumumkan pertemuan itu sampai Senin. Pengumuman itu pun hanya diberikan lewat siaran pers singkat yang mengatakan bahwa dialog ketiga akan diselenggarakan di China tahun depan.

CNSA tidak membuat pernyataan apa pun. Pembicaraan melibatkan pejabat Pentagon dan wakil dari badan antariksa AS NASA, badan penerbangan federal FAA, Badan Kelautan dan Atmosferik Nasional, serta Survei Nasional Geologis AS.

Di Amerika, kerjasama dengan badan antariksa China merupakan topik yang sensitif. Hukum Amerika melarang NASA bekerja sama dengan CNSA dalam bidang program antariksa berawak, dan militer Amerika khawatir kerjasama dengan sektor antariksa China akan membantu negara itu meningkatkan kemampuannya dalam mengancam aset antariksa milik Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG