Tautan-tautan Akses

AS

AS Cabut Larangan Kapal Militer Selandia Baru


Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (kiri) bersama Menteri Pertahanan Selandia Baru Jonathan Coleman di Auckland (21/9).

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (kiri) bersama Menteri Pertahanan Selandia Baru Jonathan Coleman di Auckland (21/9).

Amerika Serikat telah mencabut larangan 25 tahun yang menghambat kapal-kapal angkatan laut Selandia Baru memasuki pelabuhan-pelabuhan militer AS.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan hari Jumat (21/9) dalam kunjungan ke Auckland bahwa Washington juga mencabut pembatasan untuk mempermudah penyelenggaraan latihan militer dan pembicaraan keamanan, sebagai bagian dari langkah penting untuk memulihkan hubungan militer antara kedua negara.

Sejak Selandia Baru melarang senjata nuklir memasuki wilayahnya tahun 1985, kapal-kapal perang Amerika yang bersenjata nuklir dan bertenaga nuklir tidak dapat memasuki perairannya. Amerika Serikat menghentikan perjanjian pertahanan dengan Selandia Baru tidak lama setelah itu.

Dalam jumpa pers hari Jumat dengan Menteri Perttahanan Selandia baru Jonathan Coleman, Panetta mengakui masih ada beberapa perbedaan pendapat dalam bidang yang tertentu. Namun menurutnya, kedua pihak telah memutuskan untuk tidak membiarkan perbedaan itu menghambat hubungan kerjasama yang lebih besar.
XS
SM
MD
LG