Tautan-tautan Akses

AS Bongkar Komplotan Pemalsu Barang Bernilai Jutaan Dolar


Barang-barang palsu berupa tas tangan merek 'Coach' yang disita oleh pihak berwajib AS di New Jersey (foto: dok).

Barang-barang palsu berupa tas tangan merek 'Coach' yang disita oleh pihak berwajib AS di New Jersey (foto: dok).

Komplotan pemalsu barang-barang bernilai mahal ini mengapalkan barang-barang palsu dari Tiongkok ke Amerika.

Penuntut Amerika mengatakan lebih dari duapuluh orang telah ditangkap karena terkait dengan sebuah komplotan pemalsu barang bernilai jutaan dolar. Komplotan ini mengapalkan barang-barang palsu dari Tiongkok ke Amerika.

Pejabat mengatakan 29 orang yang terkait dengan dua kelompok kejahatan dikenakan tuduhan berkonspirasi untuk memasukkan barang-barang palsu bernilai 325 juta dolar, termasuk sepatu disainer, tas Gucci dan sepatu Nike palsu lewat pelabuhan New Jersey.

Penuntut mengatakan penangkapan itu berlangsung di New Jersey dan New York Jumat. Satu penangkapan dilakukan di Manila, Filipina. Pejabat mengatakan beberapa tersangka masih berkeliaran bebas.

Penangkapan ini merupakan hasil dari penyelidikan selama dua tahun oleh badan penegak hukum Amerika. Penyelidik Amerika pertama kali mulai meneliti kegiatan ini berdasarkan sebuah petunjuk dari Imigrasi dan Bea Cukai Amerika.

Tuduhannya termasuk konspirasi, perdagangan barang palsu dan pencucian uang. Pejabat mengatakan, penyelidikan barang palsu ini mengantar mereka ke sebuah komplotan pedagang narkoba. Tiga dari tersangka dikenakan tuduhan mengimpor 50 kilogram meta-ampetamin kristal dari Taiwan.

XS
SM
MD
LG