Tautan-tautan Akses

AS Bongkar Komplotan Kejahatan Cyber


Para anggota tim penyelidik kejahatan cyber di Amerika.

Para anggota tim penyelidik kejahatan cyber di Amerika.

Para penyelidik AS membongkar komplotan kejahatan internet yang menggunakan virus komputer untuk membobol jutaan dolar dari rekening bank.

Para penyelidik Amerika telah membongkar komplotan kejahatan internet yang menggunakan virus komputer dan mahasiswa asing untuk mencuri jutaan dolar.

Kejaksaan federal di New York, hari Kamis menuduh lebih dari 60 orang, pada umumya warga Rusia dan Eropa Timur, terlibat dalam penipuan untuk menyedot 3 juta dolar AS dari rekening-rekening bank di Amerika Serikat.

Para pejabat mengatakan para peretas (hacker) komputer di Eropa timur menggunakan virus Zeus Trojan untuk memasuki dan membobol rekening-rekening perorangan dan perusahaan dalam bank di Amerika Serikat.

Para peretas tersebut kemudian mentransfer "uang curian" itu ke rekening-rekening bank yang dibuat oleh agen komplotan, yang kemudian menarik uang tunai tersebut dan membawanya kembali ke Eropa.

Para pejabat mengatakan banyak dari agen komplotan tersebut adalah warga Eropa timur yang tinggal di Amerika, sebagian dari mereka memasuki Amerika Serikat dengan menggunakan visa mahasiswa.

Sebelumnya pekan ini, pejabat Inggris menangkap 19 orang yang menggunakan virus komputer yang sama untuk mencuri paling sedikit 9,5 juta dolar AS dari rekening-rekening bank Inggris.

XS
SM
MD
LG