Tautan-tautan Akses

AS Bertekad Tangkap Pemimpin Baru al-Qaida


Ayman al-Zawahiri, dianggap tidak memiliki 'kharisma' seperti halnya Osama bin Laden (foto: dok).

Ayman al-Zawahiri, dianggap tidak memiliki 'kharisma' seperti halnya Osama bin Laden (foto: dok).

Ketua Dewan kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika, Laksamana Mike Mullen, menyatakan tekad itu hari Kamis.

Amerika Serikat bertekad untuk menangkap dan membunuh pemimpin baru al-Qaida Ayman al-Zawahri, seperti yang telah dilakukan terhadap pendahulunya, Osama bin Laden.

Ketua Dewan kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika, Laksamana Mike Mullen, menyatakan tekad itu hari Kamis, dengan mengatakan dokter bedah Mesir yang beralih menjadi pemimpin teroris itu dapat memperkirakan perlakuan yang sama dengan yang diperoleh bin Laden. Regu komando Amerika menewaskannya dalam penggrebekan di tempat persembunyiannya di Pakistan awal Mei.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengemukakan bahwa al-Qaida tetap bermaksud melakukan serangan teroris terhadap Amerika dan kepentingan Barat lain, serta Israel. Tetapi, ia mengatakan Zawahri tidak mempunyai kharisma seperti yang dimiliki bin Laden. Gates mengatakan bin Laden jauh lebih giat mengenai operasi daripada Zawahri.

Seorang pejabat tinggi Amerika yang tidak disebut namanya mengatakan Zawahri tidak mempunyai pengalaman tempur dan tidak mempunyai kepemimpinan yang kuat atau keterampilan berorganisasi.

Sebelumnya hari Kamis, al-Qaida mengumumkan bahwa Zawahri akan mengambil alih jaringan teror global itu.

XS
SM
MD
LG