Tautan-tautan Akses

AS Bersiap Hadapi Serangan Misil Korea Utara


Korea Utara saat melakukan uji coba misil Musudan April tahun 2009 (foto: dok). Korut diduga akan meluncurkan misil Musudan ke sasaran Korea Selatan atau AS.

Korea Utara saat melakukan uji coba misil Musudan April tahun 2009 (foto: dok). Korut diduga akan meluncurkan misil Musudan ke sasaran Korea Selatan atau AS.

Amerika memperkirakan militer Korea Utara akan meluncurkan salah satu misilnya dalam beberapa hari ini.

Pejabat Departemen Pertahanan Amerika memberitahu VOA bahwa informasi intelijen yang dikumpulkan dalam beberapa minggu terakhir menunjukkan Pyongyang serius untuk benar-benar melakukan sebagian ancamannya terhadap Korea Selatan dan Amerika.

Korea Utara hari Kamis mengatakan militernya telah diberi persetujuan akhir untuk melakukan sebuah serangan nuklir terhadap Amerika, sebuah ancaman yang dianggap sebagian besar analis, tidak akan mampu dilaksanakan Pyongyang.

Korea Selatan mengkonfirmasi Korea Utara telah memindahkan salah satu misilnya ke pantai timur negara itu dan Menteri Pertahanan Kim Kwan-Jin mengatakan meskipun misil itu tampaknya “berdaya jangkau memadai” kecil kemungkinannya bisa mencapai Amerika daratan.

Menurut Kantor berita Korea Selatan yang setengah resmi pejabat-pejabat di Seoul mengatakan misil itu tampaknya Musudan (yang dikenal sebagai BM025), jenis roket yang diluncurkan dari darat berukuran 12-19 meter yang bisa membawa bom konvensional seberat 1.200 kilo.

Misil itu bisa berpotensi membawa kepala nuklir tapi para analis menganggap hal itu juga di luar kemampuan Korea Utara saat ini.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG