Tautan-tautan Akses

AS Bersedia Beri Jaminan Tertulis soal Pertahanan Misil kepada Rusia


Rusia mengkhawatirkan sistem pertahanan misil AS dan NATO di Eropa mengancam wilayahnya (foto:ilustrasi).

Rusia mengkhawatirkan sistem pertahanan misil AS dan NATO di Eropa mengancam wilayahnya (foto:ilustrasi).

Perjanjian tertulis itu dimaksudkan sebagai penjelasan bahwa sistem pertahanan misil Eropa tidak akan ditujukan pada Rusia.

Seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan Amerika Serikat bersedia memberikan perjanjian tertulis sebagai penjelasan bahwa sistem pertahanan misil bagi Eropa tidak akan ditujukan pada Rusia.

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika urusan Pengawasan Senjata Ellen Tauscher mengatakan dalam forum Washington hari Selasa bahwa Amerika Serikat harus meneruskan usahanya untuk bekerjasama dengan Rusia dalam pertahanan misil.

Hal ini menurut Elen Tauscher mencakup kesempatan untuk berbagi informasi teknik dengan Rusia dan menunjukan kepada mereka apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan sistem pertahanan itu.

Moskow telah keberatan atas rencana Amerika dan NATO untuk membangun pertahanan misil yang berpangkalan di darat dan laut di Eropa untuk menghadapi kemungkinan ancaman dari Iran dan Korea Utara. Kremlin mengatakan sistem itu akan merongrong keamanan Rusia dan dapat menyulut perlombaan senjata yang baru di Eropa.

Tauscher mengatakan sekalipun Amerika bersedia memberi jaminan tertulis kepada Rusia, Amerika tidak akan menanda-tangani janji yang mengikat secara hukum yang akan membatasi pertahanan misil.

Tauscher mengatakan penting bagi pertahanan untuk mengikuti laju “evolusi ancaman.”

XS
SM
MD
LG