Tautan-tautan Akses

AS

AS Berikan Mandat Anjing Militer Pensiun di Negaranya


Seorang prajurit AS memberikan anjingnya minum mdi Pangkalan Udara Kandahar, Afghanistan.

Seorang prajurit AS memberikan anjingnya minum mdi Pangkalan Udara Kandahar, Afghanistan.

Sebelumnya anjing militer AS bisa pensiun di luar negeri, yang artinya mereka menjadi anjing sipil dan tidak berhak dipulangkan ke AS dengan fasilitas militer.

RUU anggaran besar-besaran departemen pertahanan yang ditandatangani oleh Presiden AS Barack Obama hari Rabu (25/11) akan memungkinkan anjing militer AS kembali ke tanah air setelah pensiun dan memberikan kesempatan pertama bagi pawang mereka untuk mengadopsi mereka.

Sebelumnya, anjing militer AS bisa pensiun di luar negeri, dan dengan demikian mereka menjadi warga sipil dan tidak berhak dikirim pulang dengan fasilitas militer.

Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional 2016 mengubah peraturan tersebut yang didukung oleh American Humane Association, sebuah organisasi AS untuk kesejahteraan hewan.

Organisasi tersebut memperkirakan setiap anjing militer menyelamatkan sekitar 150-200 nyawa prajurit AS dengan mendeteksi bom-bom rakitan dan tempat-tempat senjata yang disembunyikan.

Undang-undang baru tersebut mengharuskan anjing militer AS kembali ke tanah AS ketika mereka pensiun dan mantan pawangnya akan diberikan kesempatan pertama mengadopsi mereka.

Undang-undang baru tersebut dibuat saat kesejahteraan veteran AS tengah dipertanyakan, sementara AS bergulat untuk menangani ribuan veteran yang cedera yang kembali dari penugasan mereka di Irak dan Afghanistan yang mengalami konflik berkepanjangan.

Menurut organisasi Humane Association, mempersatukan anjing-anjing militer dengan pawangnya bisa membantu veteran mengatasi trauma perang dan beradaptasi kembali dengan kehidupan sipil.

"Ini hari yang baik bagi pahlawan militer. Kami yakin semua veteran, berkaki dua maupun berkaki empat, seharusnya kembali ke tanah air dan disambut sebagai pahlawan," kata Presiden Humane Association Robin Ganzert. [dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG