Tautan-tautan Akses

AS Beri Sanksi Kelompok Pemberontak Uganda


AS menuduh pemberontak Uganda, Pasukan Demokratik Bersatu (ADF) menarget anak-anak dalam konflik bersenjata (foto: dok).

AS menuduh pemberontak Uganda, Pasukan Demokratik Bersatu (ADF) menarget anak-anak dalam konflik bersenjata (foto: dok).

Amerika telah memberlakukan sanksi terhadap kelompok pemberontak Uganda, sehari setelah Dewan Keamanan PBB melakukan hal yang sama.

Departemen Keuangan Amerika hari Selasa (1/7) mengatakan memberikan sanksi kepada Pasukan Demokratik Bersatu (ADF) karena “menarget anak-anak dalam situasi konflik bersenjata" melalui pemerkosaan, pembunuhan, penculikan dan pemindahan paksa.

Ia mengatakan kelompok yang berbasis di Republik Demokratik Kongo (DRC) timur itu melancarkan serangan di DRC tahun lalu yang memaksa ribuan warga Kongo mengungsi ke Uganda.

Departemen Keuangan Amerika mengatakan, kelompok itu juga bertanggung jawab atas tindakan pemancungan serta pemerkosaan dan merekrut anak-anak bahkan ada yang berusia 10 tahun untuk melawan pemerintah Uganda.

ADF dibentuk pada akhir tahun 1990-an. Menurut PBB, sebagian besar anggotanya adalah Islamis yang ingin menegakkan hukum Syariah di Uganda.

XS
SM
MD
LG