Tautan-tautan Akses

Pentagon: AS Berhasil Ciutkan Kekuatan ISIS di Sirte, Libya


Pasukan Libya yang didukung AS merayakan kemenangan atas ISIS di Sirte, Libya (11/8) lalu.

Pasukan Libya yang didukung AS merayakan kemenangan atas ISIS di Sirte, Libya (11/8) lalu.

Pasukan ISIS telah diciutkan menjadi hanya tiga lokasi wilayah di Sirte, Libya, kota yang pernah dianggap sebagai kubu pertahanan kuat kelompok itu.

Hal ini dikatakan oleh juru bicara Pentagon hari Kamis (1/9), sementara Amerika memperluas kampanye udaranya ke kota itu sampai 30 hari lagi.

Juru bicara Pentagon Kolonel Laut Jeff Davis mengatakan kepada wartawan bahwa militer Amerika memperkirakan pasukan ISIS kini jumlahnya kurang dari 200 militan.

“Mereka sudah sangat terpojok saat ini sampai mendekati laut,” kata Davis.

"Kapal-kapal Libya telah berada di perairan di sekitar Sirte kalau-kalau pejuang ISIS berusaha melarikan diri lewat laut,” tambahnya.

Amerika mulai melakukan serangan udara di dan sekitar Sirte tanggal 1 Agustus atas permintaan Pemerintah Perjanjian Nasional Libya/ GNA. Serangan-serangan ini total 108, sampai hari Kamis telah membantu pasukan yang bersekutu dengan pemerintah di Libya yang didukung PBB selagi mereka berusaha menyingkirkan ISIS dari kota itu.

Kolonel Davis mengatakan tidak seperti serangan terhadap ISIS di Suriah dan Irak “setiap serangan itu” diminta oleh GNA. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG