Tautan-tautan Akses

Bila Menang Lawan Meksiko, AS Hampir Pasti Lolos ke Piala Dunia 2014


Penjaga gawang utama timnas AS, Tim Howard (VOA - M. Lipin).

Penjaga gawang utama timnas AS, Tim Howard (VOA - M. Lipin).

Bila AS menang malam ini, dan Honduras menang atau seri melawan Panama, maka Amerika akan pasti melenggang ke Piala Dunia 2014.

Tim Amerika Serikat berharap untuk dapat lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia yang akan berlangsung tahun depan di Brazil.

Tim ini akan berhadapan dengan saingan sengitnya, Meksiko, dalam sebuah pertandingan Selasa malam waktu setempat di Columbus, negara bagian Ohio.

Meksiko tampaknya akan bermain habis-habisan, mengingat nasibnya bergantung pada partai ini. Terutama setelah mereka kalah dengan memalukan di kandang sendiri melawan Honduras (1-2). Dengan kekalahan itu, tim sombrero kini berada di posisi keempat dalam zona kualifikasi CONCACAF, dengan hanya delapan poin setelah menuntaskan tujuh dari 10 pertandingan.

Costa Rica berada di tempat pertama dengan 14 pon setelah menggilas Amerika Serikat Jumat lalu. AS berada di posisi kedua dalam grup, dengan 13 poin. Honduras duduk di posisi berikutnya dengan 10 poin. Panama di tempat kelima dan Jamaika di posisi buncit.

Dalam tiga partai terakhir AS vs Meksiko di babak kualifikasi Piala Dunia, AS sukses mengalahkan Meksiko, 2-0. Bila AS menang malam ini, dan Honduras menang atau seri melawan Panama, maka Amerika akan pasti melenggang ke Piala Dunia 2014.

Penjaga gawang AS Tim Howard mengharapkan pertandingan yang seru melawan Meksiko. "Meksiko adalah tim yang tangguh, dan kami harus bermain sebaik mungkin melawan mereka," ujar Howard.

Meksiko akan bermain di bawah asuhan pelatih baru Luis Fernando Tena. Tena yang sebelumnya asisten pelatih, naik pangkat setelah José Manuel de la Torre dipecat pasca kekalahan timnya melawan Honduras, Jumat (7/9). Kekalahan tersebut baru merupakan kedua kalinya sepanjang kiprah Meksiko di babak kualifikasi Piala Dunia.

Hanya ketiga tim teratas dari zona CONCACAF yang akan lolos ke Pialada Dunia. Tim di urutan keempat akan harus bertarung melawan tim dari zona Oseania untuk memperebutkan tempat di Piala Dunia Brazil 2014.
XS
SM
MD
LG