Tautan-tautan Akses

AS: Bendungan di Mosul, Irak Bisa Timbulkan Bencana Dahsyat


Perumahan penduduk di dekat bendungan kota Mosul di Irak (foto: dok).

Perumahan penduduk di dekat bendungan kota Mosul di Irak (foto: dok).

Bendungan di Sungai Tigris, Irak berisiko mengalami kerusakan yang menimbulkan malapetaka di mana air bendungan yang sangat besar bisa menyapu apa saja.

Bendungan Mosul Irak berisiko mengalami kerusakan yang menimbulkan malapetaka di mana air bendungan yang sangat besar menyapu apa saja yang dilintasinya, antara lain, manusia, gedung-gedung, mobil, bom-bom atau peluru artileri yang tidak meledak dan bahan kimia yang berbahaya, Amerika memperingatkan.

Bendungan itu, yang terletak di Sungai Tigris tidak jauh di utara Mosul, adalah yang terbesar di negara itu. Dibangun tahun 1984, bendungan itu mempunyai cacat konstruksi dan memerlukan pemeliharaan yang tetap dan menopangnya dengan semen.

Pada kapasitas penuh, bendungan itu dapat menahan 11 kilometer kubik air. Kalau bendungan itu pecah pada tingkat tersebut, ombak yang sangat besar akan turun menelusuri sungai, dan berpotensi menewaskan ratusan ribu orang yang tidak sempat menghindar pada waktunya.

“Kira-kira 500 ribu hingga 1,47 juta warga Irak, yang tinggal sepanjang tepi Sungai Tigris dan menghadapi risiko paling tinggi dari lintasan air-bah, kemungkinan tidak akan selamat dari dampaknya,” menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan Amerika di Baghdad. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG