Tautan-tautan Akses

AS Belum Putuskan soal Bantuan bagi Pemberontak Suriah


Menlu AS John Kerry mengatakan belum ada keputusan yang diambil mengenai bantuan AS bagi pemberontak Suriah (foto: dok).

Menlu AS John Kerry mengatakan belum ada keputusan yang diambil mengenai bantuan AS bagi pemberontak Suriah (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan belum ada keputusan yang diambil bagaimana Amerika akan membantu pejuang-pejuang oposisi “menyelamatkan Suriah”.

John Kerry berbicara di Washington hari Rabu, didampingi Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, sewaktu Inggris dan Amerika mendorong beberapa strategi untuk mengakhiri perang saudara dan membentuk pemerintah transisi di Suriah.

William Hague mengatakan Inggris dan sekutu-sekutunya harus melakukan lebih banyak hal untuk menyelamatkan rakyat Suriah, dan menambahkan situasi itu menuntut apa yang disebutnya sebagai pendekatan yang “kuat dan pasti” oleh Inggris, Amerika dan sekutu-sekutu Barat lainnya.

Baik Inggris maupun Amerika telah menyediakan bantuan non-senjata kepada pemberontak yang memerangi Presiden Bashar Al Assad, dan telah membahas kemungkinan pengiriman senjata.

Tetapi kedua negara belum mengirim senjata kepada pasukan pemberontak, sebagian karena khawatir senjata-senjata itu bisa jatuh ke tangan ekstrimis Sunni yang telah bergabung melawan Presiden Bashar Al Assad dan pemerintahnya.
XS
SM
MD
LG