Tautan-tautan Akses

AS

AS Bayar Iran $1,7 Miliar dalam Uang Tunai

  • Associated Press

Pegawai tempat pertukaran uang memperlihatkan perbandingan nilai rial Iran dan dolar AS di Teheran, Iran, Januari 2016. (Reuters/Raheb Homavandi/TIMA)

Pegawai tempat pertukaran uang memperlihatkan perbandingan nilai rial Iran dan dolar AS di Teheran, Iran, Januari 2016. (Reuters/Raheb Homavandi/TIMA)

Uang tersebut berasal dari dana yang dikelola oleh Departemen Keuangan untuk membayar klaim-klaim litigasi di pengadilan.

Pemerintahan Obama menyatakan Selasa malam (6/9) bahwa pengiriman dana US$1,7 miliar ke Iran awal tahun ini dilakukan dalam bentuk uang tunai, dengan tidak menggunakan mata uang Amerika, di tengah kecaman yang terus muncul dari Partai Republik mengenai pembayaran tersebut.

Juru bicara Departemen keuangan Dawn Selak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembayaran uang tunai itu perlu karena efektifnya sanksi-sanksi Amerika dan sanksi-sanksi internasional yang mengucilkan Iran dari system keuangan internasional.

Dana $1,7 miliar tersebut merupakan pembayaran klaim arbitrase selama 10 tahun antara Amerika dan Iran. Mula-mula dikirim $400 juta dalam bentuk mata uang euro, Franc Swiss dan mata uang asing lainnya pada tanggal 17 Januari, pada hari yang sama Iran menyetujui pembebasan empat warga Amerika yang ditahan.

Pemerintahan Obama menyatakan peristiwa itu terpisah, tetapi baru-baru ini mengakui bahwa uang itu digunakan sebagai pendorong sampai warga Amerika itu dibolehkan meninggalkan Iran. Sisa dana $1,3 miliar merupakan bunga uang Iran yang ditahan Amerika sejak tahun 1970-an.

Sebelumnya hari Selasa, para pejabat dari Departemen Luar Negeri, Departemen Kehakiman dan Departemen Keuangan mengadakan rapat tertutup dengan staf Kongres mengenai pembayaran itu,. Para pejabat mengatakan, dana $1,3 miliar diserahkan dalam bentuk uang tunai pada tanggal 22 Januari dan 5 Februari.

Uang tersebut berasal dari dana yang dikelola oleh Departemen Keuangan untuk membayar klaim-klaim litigasi di pengadilan. Dana itu adalah uang para pembayar pajak yang telah disetujui oleh Kongres secara permanen untuk membayar ongkos-ongkos yang diperlukan, yang memungkinkan Presiden melakukan pembayaran tanpa persetujuan Kongres.

Amerika sebelumnya telah membayar $278 juta sehubungan dengan tuntutan Iran dengan menggunakan dana itu pada tahun 1991.

Partai Republik telah mengatakan pembayaran seperti itu adalah semacam tebusan, tuduhan yang dibantah oleh pemerintahan Obama.

Hari Selasa, sekelompok senator Partai Republik mengumumkan dukungan mereka bagi RUU yang akan melarang pembayaran yang menggunakan dana tersebut bagi Iran sampai Iran membayar hampir $55,6 miliar yang telah diputuskan pengadilan Amerika sebagai ganti rugi bagi para warga Amerika yang menjadi korban aksi teroris yang dilakukan Iran. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG