Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Bayar Suku Indian Navajo 554 Juta Dolar


Ben Shelly (kiri) Presiden dari 'Navajo Nation' (foto: dok).

Ben Shelly (kiri) Presiden dari 'Navajo Nation' (foto: dok).

Ini merupakan jumlah terbesar yang pernah dibayar oleh pemerintah AS bagi sebuah suku Indian.

Pemerintah AS hari Jumat (26/9) akan memenuhi kesepakatan ganti rugi dengan membayar daerah otonomi Navajo Nation sebesar rekor $ 554 juta atas tuntutan klaim selama lebih dari 50 tahun belakangan.

Ini merupakan jumlah terbesar yang pernah dibayar oleh pemerintah AS bagi sebuah suku Indian. Sebagai imbalannya, Navajo Nation setuju menghentikan tuntutan hukum atas kesalahan manajemen sumber daya dan pendanaan bagi suku tersebut. Kesepakatan ini tidak melarang suku tersebut untuk melakukan klaim pada masa depan.

Kesepakatan itu merupakan hasil proses pengajuan perkara bahwa pemerintah AS menyalahgunakan dana dan sumber daya bagi lahan 5,7 juta hektar lebih milik suku Navajo. Lahan tersebut disewakan untuk produksi pertanian, pertambangan, minyak dan gas.

Suku-suku asli Amerika telah mengajukan 100 lebih tuntutan hukum terhadap pemerintah federal. Departemen Dalam Negeri mengatakan kini berusaha menyelesaikan berbagai kasus tanpa harus melalui proses pengadilan. Sejak awal tahun 2012, pemerintah menyelesaikan kira-kira 80 kasus, dengan total kesepakatan senilai $ 2,5 miliar.

XS
SM
MD
LG