Tautan-tautan Akses

AS Bayar 104 Juta Dolar bagi Pelapor Penipuan Pajak


Banyak warga kaya AS menghindari pajak dengan menyimpan kekayaannya di bank-bank Swiss, termasuk bank UBS (foto: dok).
Banyak warga kaya AS menghindari pajak dengan menyimpan kekayaannya di bank-bank Swiss, termasuk bank UBS (foto: dok).

Dinas pajak Amerika atau IRS telah memberi hadiah sebesar 104 juta dolar kepada mantan pejabat bank Swiss UBS karena bantuan soal laporan penipuan pajak oleh warga kaya AS.

Dinas pajak Amerika atau IRS memberi hadiah 104 juta dolar kepada mantan pejabat bank Swiss UBS. Mantan pejabat UBS itu berjasa dengan memberitahu IRS bagaimana bank yang berkantor di Swiss membantu ribuan warga Amerika berkelit dari pajak lewat rekening luar negeri mereka.

Pengacara saksi pelapor itu, Bradley Birkenfeld, mengumumkan hadiah itu hari Selasa. Mereka mengatakan hadiah itu yang terbesar yang pernah diberikan kantor pajak Amerika, IRS. IRS membenarkan soal pembayaran itu.

Birkenfeld diberi hadiah karena memberi tahu pejabat Amerika bagaimana bank itu membujuk warga kaya Amerika untuk membuka rekening di UBS dan mengelola 20 milyar dolar asset-asset mereka serta membantu mereka mengelabui pemerintah Amerika.

Birkenfeld yang berusia 47 tahun mengaku bersalah karena berkomplot dalam kasus itu dan menjalani hukuman penjara 30-40 bulan sebelum dibebaskan awal bulan lalu karena berprilaku baik.

Recommended

XS
SM
MD
LG