Tautan-tautan Akses

AS

AS Batalkan Konferensi Bebas Nuklir di Timur Tengah


Juru bicara Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat, Victoria Nuland (Foto: dok).

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat, Victoria Nuland (Foto: dok).

Amerika Serikat mengatakan konferensi tentang larangan senjata nuklir di Timur Tengah batal diselenggarakan terkait kondisi tidak menentu di kawasan tersebut.

Pengumuman batalnya penyelenggaraan konferensi yang akan membahas larangan senjata di Timur Tengah dikeluarkan pemerintah Amerika di tengah berkobarnya konflik Israel-Palestina di Gaza, perang saudara di Suriah dan situasi politik yang tidak menentu di Mesir.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Victoria Nuland mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan adanya kesenjangan konseptual yang dalam di kawasan terkait mengenai bagaimana menangani keamanan regional dan pengendalian senjata di wilayah tersebut.

Menurut Nuland, AS tidak akan mendukung sebuah konferensi di mana suatu negara di kawasan itu akan mengalami tekanan atau isolasi, merujuk pada kekhawatiran AS bahwa para peserta akan mengeroyok Israel.

Iran dan negara-negara Arab sering mengatakan senjata nuklir Israel dianggap menimbulkan ancaman bagi perdamaian dan keamanan Timur Tengah. Israel dan negara-negara Barat memandang Iran sebagai ancaman proliferasi nuklir utama.

Teheran membantah memiliki ambisi bom atom jenis apapun. Pertemuan itu sebelumnya direncanakan akan diselenggarakan di Finlandia sebelum akhir tahun ini.
XS
SM
MD
LG