Tautan-tautan Akses

AS Bantu 10 Juta Dolar bagi Bencana Gempa Nepal


Warga Nepal bersama barang-barang mereka tinggal di luar sebuah kuil yang hancur di lapangan Bashantapur Durbar, Kathmandu, Nepal (25/4).

Warga Nepal bersama barang-barang mereka tinggal di luar sebuah kuil yang hancur di lapangan Bashantapur Durbar, Kathmandu, Nepal (25/4).

USAID mengatakan dana bantuan tersebut akan digunakan untuk bantuan darurat termasuk upaya-upaya pencaharian dan penyelamatan korban gempa.

Menlu Amerika John Kerry hari Senin (27/4) mengatakan Amerika memberikan tambahan bantuan 9 juta dolar bagi Nepal yang porak poranda akibat gempa.

Tambahan dana tersebut membuat total jumlah bantuan Amerika menjadi 10 juta dolar sejak gempa hari Sabtu yang telah menewaskan lebih dari 3.700 orang.

Pernyataan Badan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk bantuan darurat termasuk upaya-upaya pencaharian dan penyelamatan dan menyediakan tempat-tempat penampungan darurat, air bersih dan sanitasi.

Menurut pernyataan USAID bantuan itu juga akan diperuntukkan bagi pemulihan jangka panjang, berdasarkan “kemitraan jangka panjang dan bantuan pembangunan” dari Amerika.

Bantuan darurat itu termasuk mengaktifkan tim penyelamatan gempa yang berpangkalan di Virginia. 56 anggota unit telah dikerahkan hari Minggu bersama beberapa pejabat USAID ke Nepal.

Chuck Ryan, Wakil Ketua Dinas Pemadam Kebakaran mengatakan Gugus Tugas Virginia dari Fairfax County dekat Washington “dilengkapi kemampuan pencaharian, penggalian dan mengeluarkan orang-orang yang terperangkap di reruntuhan dan membawa mereka ke tempat layanan medis”.

Kelompok petugas pemadam kebakaran yang terlatih khusus dari Los Angeles juga dalam perjalanan untuk ikut dalam upaya-upaya pencaharian dan penyelamatan.

XS
SM
MD
LG