Tautan-tautan Akses

AS akan Bahas Kemungkinan Senjatai Pemberontak Suriah


Pemerintah AS mungkin akan mempersenjatai tentara pemberontak Suriah setelah Iran dan Hizbullah Lebanon membantu pasukan pemerintah Suriah (foto: dok).

Pemerintah AS mungkin akan mempersenjatai tentara pemberontak Suriah setelah Iran dan Hizbullah Lebanon membantu pasukan pemerintah Suriah (foto: dok).

Langkah ini dilakukan karena keprihatinan bahwa pasukan pro-pemerintah yang didukung Iran dan milisi Hizbullah mungkin memperoleh keunggulan.

Para pejabat Amerika mengatakan serangkaian pertemuan sangat mendesak di Gedung Putih pekan ini bisa menghasilkan keputusan tentang apakah Amerika akan mempersenjatai atau tidak pemberontak oposisi Suriah.

Para asisten Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan serta lembaga-lembaga lain telah mempersiapkan unsur-unsur yang utama bagi pertemuan tingkat tinggi hari Rabu antara Presiden Barack Obama dan para staf keamanan nasionalnya.

Pertemuan ini menjadi sangat mendesak karena keprihatinan bahwa pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Iran dan milisi Hizbullah Lebanon mungkin memperoleh keunggulan dalam konflik Suriah.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki mengatakan "serangkaian pilihan yang lebih luas" telah dipersiapkan untuk menjadi pertimbangan bagi presiden Obama.

Para pemimpin oposisi Suriah telah memperingatkan Amerika bahwa pemberontakan mereka bisa menghadapi kerugian parah tanpa dukungan yang lebih besar.

Sebanyak 5.000 pejuang Hizbullah sekarang berada di Suriah, membantu pihak pemerintah meneruskan operasi militernya setelah menduduki kota Qusair di dekat perbatasan Lebanon pekan lalu. Pasukan Suriah tampaknya sekarang siap untuk menyerang kota Homs yang strategis itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG