Tautan-tautan Akses

AS: Anggota NATO Harus Tingkatkan Komitmen Belanja Pertahanan kepada NATO


Menhan AS Robert Gates saat berbicara kepada media di Brussels (9/6).

Menhan AS Robert Gates saat berbicara kepada media di Brussels (9/6).

Menhan AS Robert Gates mengatakan itu di markas besar NATO di Brussels dalam pidato kebijakan penting terakhirnya sebelum pensiun.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates memperingatkan anggota-anggota NATO bahwa mereka harus meningkatkan komitmen belanja pertahanan mereka kepada NATO.

Gates berbicara di markas besar NATO di Brussels hari Jumat, dalam apa yang diperkirakan sebagai pidato kebijakan penting yang terakhirnya sebelum pensiun pada akhir bulan ini. Dia mengatakan anggota-anggota Kongres Amerika mulai kehilangan kesabaran dengan menyediakan 75 persen belanja pertahanan untuk koalisi itu.

Gates mengatakan bahwa ke-28 anggota NATO memberikan suara mendukung misi terhadap pemimpin Libya Moammar Gaddafi, tetapi kurang dari 50 persen telah berpartisipasi.

Dia mengatakan keengganan atau ketidakmampuan untuk menyumbang juga telah mempengaruhi operasi di Afghanistan, dimana kata Gates koalisi telah “berjuang, kadang-kadang dengan sangat bersusah-payah” untuk mempertahankan pengerahan kira-kira 45.000 tentara.

Dia mengatakan menyelesaikan misi di Afghanistan harus dilakukan dengan cara bersatu, bukan didikte oleh situasi keuangan dalam negeri tiap anggota.

XS
SM
MD
LG