Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS Akan Tentukan Standar Keamanan Mobil Swakemudi


Layar di dalam mobil Tesla Model 90D dalam demonstrasi teknologi swakemudi di Capitol Hill, Washington, Maret 2016. (AP/Evan Vucci)

Layar di dalam mobil Tesla Model 90D dalam demonstrasi teknologi swakemudi di Capitol Hill, Washington, Maret 2016. (AP/Evan Vucci)

Departemen Transportasi Amerika mengumumkan 15 pasal bagi standar dan pengembangan mobil-mobil otonomi ini, termasuk cara mobil itu merespon lalu lintas.

Pemerintah Amerika sedang menyiapkan peraturan untuk mengatur industri mobil tanpa pengemudi yang sedang berkembang cepat.

Menteri Transportasi Amerika Anthony Foxx mengatakan hari Senin (19/9), pemerintah federal akan segera menentukan standar keamanan bagi mobil swakemudi tersebut, meskipun negara-negara bagian masih berhak mengatur mobil-mobil berpengemudi.

Menurut Foxx, negara-negara bagian harus melanjutkan praktik pendaftaran mobil dan mengurus ganti rugi apabila terjadi kecelakaan.

Pemerintah federal, dalam pernyataan paling komprehensif mengenai mobil masa depan itu, juga mendukung industri mobil yang sedang mengusahakannya dan mengatakan mobil-mobil seperti itu akan membuat jalan-jalan lebih aman dan efisien.

“Kami membayangkan di masa depan, kita tidak perlu lagi memegang kemudi mobil, sehingga perjalanan ke kantor atau ke tempat kerja bisa lebih menyenangkan dan produktif,” kata Jeffrey Zients, direktur Dewan Ekonomi Nasional.

Ia menambahkan, mobil-mobil yang berjalan secara otomatis “akan menghemat waktu, uang dan menyelamatkan nyawa.”

Departemen Transportasi Amerika juga mengumumkan 15 pasal bagi standar dan pengembangan mobil-mobil otonomi ini, termasuk cara mobil itu merespon lalu lintas, bagaimana menanggapi kegagalan teknis, pencatatan data dan kemampuan untuk berbagi informasi, dan menjamin hak privasi pengguna serta keamanan dari peretasan.

Pabrik-pabrik mobil tradisional dan perusahaan-perusahaan teknologi telah menguji prototipe mobil swakemudi selama beberapa tahun, meskipun masih ada pengemudi yang duduk di kursi sopir untuk mengambil alih kemudi apabila terjadi keadaan darurat. [isa/sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG