Tautan-tautan Akses

AS Akan Tempatkan Pasukan di Eropa Timur


Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

Rencana tersebut, kalau disetujui, akan menempatkan kendaraan lapis baja Amerika dan 5.000 tentara di negara-negara NATO.

Gedung Putih mengatakan rencana Amerika menempatkan pasukan di Eropa timur dan Baltik masih dalam tahap-tahap perencanaan awal, dan mengatakan ini adalah bagian dari mandat NATO selama puluhan tahun untuk melindungi sekutu-sekutu di Eropa.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan hari Senin (15/6), dalam komentar terbuka yang pertama dari pemerintahan Obama mengenai rencana penempatan itu sejak pertama kali dilaporkan hari Sabtu oleh harian New York Times.

Times mengutip para pejabat Amerika yang tidak disebut namanya, yang mengatakan rencana itu bertujuan untuk menghadapi agresi Rusia lebih jauh di perbatasannya, setelah pencaplokan semenanjung Krimea Ukraina oleh Moskow tahun 2014.

Rencana tersebut, kalau disetujui, akan menempatkan kendaraan lapis baja Amerika dan 5.000 tentara di negara-negara anggota NATO: Estonia, Latvia, Lithuania, Rumania, Polandia, Bulgaria dan kemungkinan Hongaria.

Rusia hari Senin memperingatkan agar Amerika tidak menempatkan pasukan seperti itu. Pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan tindakan tersebut dapat memprovokasi konfrontasi militer dengan “konsekuensi berbahaya.”

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG