Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Masukkan Jaringan Haqqani sebagai Organisasi Teroris


Jaringan Haqqani yang didirikan oleh Jalaluddin Haqqani (kanan) dituduh melakukan berbagai serangan terhadap pasukan AS di Afghanistan (foto: dok).

Jaringan Haqqani yang didirikan oleh Jalaluddin Haqqani (kanan) dituduh melakukan berbagai serangan terhadap pasukan AS di Afghanistan (foto: dok).

Suratkabar terkemuka Amerika melaporkan bahwa pemerintahan Obama berencana untuk menetapkan jaringan militan Haqqani sebagai organisasi teroris.

Harian New York Times hari Jumat mengutip pejabat pemerintah yang tidak disebut namanya mengatakan keputusan untuk mendaftar hitam kelompok yang dituduh melakukan serangan terhadap pasukan Amerika di Afghanistan itu diambil setelah berbulan-bulan diperdebatkan.

Seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan memberitahu Kongres hari Jumat mengenai keputusannya menetapkan jaringan Haqqani sebagai organisasi teroris.

Penetapan sebagai teroris akan meratakan jalan untuk sanksi keuangan yang berat terhadap kelompok itu.

Beberapa pejabat Amerika telah mengutarakan keprihatinan bahwa penempatan jaringan Haqqani dalam daftar hitam dapat merusak lebih jauh hubungan yang sudah rapuh dengan Pakistan dan memperlamban usaha untuk merundingkan penyelesaian politik untuk perang Afghanistan dengan merongrong pembicaraan dengan Taliban.

Kelompok militan itu, yang kabarnya berbasis di Warisitan Utara, Pakistan, diyakini mempunyai hubungan erat dengan unsur-unsur intelijens Pakistan. Para pejabat Pakistan telah membantah tuduhan itu sebagai tidak berdasar.

Jaringan Haqqani dituduh melakukan sejumlah serangan di Afghanistan, termasuk serangan tahun lalu terhadap kedutaan Amerika di Kabul, markasbesar NATO, dan pangkalan koalisi.
XS
SM
MD
LG