Tautan-tautan Akses

Amerika akan Kirim 560 Tentara Lagi ke Irak


Menhan AS Ash Carter (kiri) disambut oleh Menhan Irak Khaled al-Obeidi ketika tiba di kantor Kementerian Pertahanan Irak di Baghdad, Senin (11/7).

Menhan AS Ash Carter (kiri) disambut oleh Menhan Irak Khaled al-Obeidi ketika tiba di kantor Kementerian Pertahanan Irak di Baghdad, Senin (11/7).

Amerika akan menempatkan 560 tentara lagi di Irak untuk membantu pertempuran merebut kembali Mosul dari ISIS.

Penempatan 560 tentara lagi di Irak ini akan dilakukan, setelah penguasaan kembali sebuah pangkalan udara utama baru-baru ini dekat kota Mosul oleh pasukan Irak.

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter menyampaikan pengumuman tentang itu saat berkunjung ke Baghdad hari Senin (11/7). Dia mengatakan pasukan tambahan akan dikirim ke Qayyarah Airbase West yang baru direbut kembali, sekitar 60 kilometer selatan Mosul, yang akan berfungsi sebagai pangkalan logistik dan udara bagi koalisi.

"Tujuan merebut lapangan terbang itu untuk dijadikan pangkalan logistik dan udara dekat Mosul," kata Carter kepada wartawan sebelum memasuki Irak.

Perebutan pangkalan udara itu oleh paqsukan Irak menandai - selesainya 10 peran pertama koalisi "untuk mengalahkan ISIS," kata seorang pejabat senior pertahanan Amerika.

"Qayarrah pasti merupakan pencapaian besar - dalam daftar karena lokasinya yang strategis," kata pejabat senior pertahanan AS yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Dalam lawatannya yang keempat ke Irak sebagai menteri pertahanan, Ash Carter bertemu dengan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dan Menteri Pertahanan Khaled al-Obeidi di Baghdad, dan akan berbicara melalui telepon dengan Presiden Kurdistan Irak Masoud Barzani. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG