Tautan-tautan Akses

AS akan Kirim 1.400 Marinir Tambahan ke Afghanistan


Para marinir AS di Afghanistan harus bersiap menghadapi peningkatan serangan pemberontak Taliban.

Para marinir AS di Afghanistan harus bersiap menghadapi peningkatan serangan pemberontak Taliban.

Pentagon hari Kamis mengatakan Marinir akan dikirim sebelum kemungkinan eskalasi serangan pemberontak pada musim semi.

Amerika akan mengirim 1.400 Marinir lagi ke Afghanistan dalam upaya konsolidasi kemajuan dan menerapkan tekanan lebih jauh terhadap Taliban selama operasi musim dingin ini.

Para pejabat Pentagon hari Kamis mengatakan Marinir akan dikirim sebelum kemungkinan eskalasi dalam pertempuran pada musim semi. Marinir bisa tiba dalam beberapa minggu tetapi mereka hanya akan berada di Afghanistan untuk penempatan 90 hari saja.

Menurut harian The Wall Street Journal beberapa pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya, mengatakan sebagian besar pasukan akan digelar ke Afghanistan selatan, tempat pertempuran berat melawan Taliban dalam beberapa bulan ini.

Bulan Desember 2009, Presiden Barack Obama mengumumkan penambahan sekitar 30.000 tentara di Afghanistan. Pegelaran Marinir yang terbaru ini adalah sebagai tambahan pada jumlah itu. Kini 97 ribu tentara Amerika berada di Afghanistan, bersama dengan 45 ribu tentara dari negara-negara lain. Pegelaran tambahan ini tidak akan membuat jumlah pasukan Amerika di atas 100 ribu – batas yang ditetapkan oleh Presiden Obama.

Bulan lalu, Obama mengatakan kemajuan yang cukup banyak dicapai dalam perang itu untuk memenuhi janjinya memulai penarikan mundur sebagian pasukan Amerika pada bulan Juli dan menyerahkan urusan keamanan kepada pemerintah Afghanistan pada tahun 2014.

XS
SM
MD
LG