Tautan-tautan Akses

AS

Amerika akan Hentikan Deportasi Imigran Muda


Presiden Obama memberikan pernyataan mengenai imigrasi di Gedung Putih, hari Jumat (15/6).

Presiden Obama memberikan pernyataan mengenai imigrasi di Gedung Putih, hari Jumat (15/6).

Berbicara hari Jumat di Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan, pemerintah AS akan menghentikan deportasi terhadap imigran muda yang masuk AS ketika usia anak-anak.

Presiden Amerika Barack Obama melonggarkan penerapan undang-undang keimigrasian bagi imigran ilegal berusia muda, dan menyatakan itu adalah "hal yang benar untuk dilakukan."

Berbicara hari Jumat di Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan, pemerintah Amerika akan menghentikan deportasi terhadap imigran muda yang masuk ke Amerika ketika anak-anak dan sejak itu tinggal dengan menaati hukum Amerika. Menurut Gedung Putih, perubahan kebijakan itu akan berdampak pada sekitar 800 ribu imigran.

Presiden Obama mengatakan tidak masuk akal mengusir anak-anak muda berbakat, yang menurutnya adalah warga Amerika, hanya karena tindakan orangtua mereka atau kelambanan politisi. Menurut Presiden Obama, tindakan itu bukan amnesti dan bukan solusi tetap. Ia menambahkan, solusi kebijakan tetap harus disetujui Kongres.

Calon presiden Partai Republik Mitt Romney mengatakan tindakan presiden itu membuat pencapaian solusi jangka panjang, lebih sulit. Anggota lain Partai Republik menantang otoritas hukum Obama untuk memaksakan rencananya.

Obama berbicara hanya beberapa jam setelah Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengumumkan perubahan kebijakan itu. Napolitano mengatakan imigran muda yang tidak membahayakan keamanan nasional dan memenuhi syarat penting lain, berhak menetap dan bekerja di Amerika.
XS
SM
MD
LG