Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Deportasi Pria Bosnia Pelaku Kejahatan Perang


Pria Bosnia yang akan dideportasi dari AS, Zdenko Jakisa.

Pria Bosnia yang akan dideportasi dari AS, Zdenko Jakisa.

Zdenko Jakisa akan dipulangkan ke negaranya karena berbohong soal kejahatan perang yang dilakukannya ketika ia berimigrasi ke Amerika tahun 1998.

Seorang hakim federal AS di negara bagian barat tengah, Minnesota, Kamis (11/2), memerintahkan seorang pria Bosnia dipulangkan ke negaranya karena berbohong tentang kejahatan perang, ketika ia berimigrasi ke Amerika tahun 1998.

Zdenko Jakisa dari Forest Lake, dekat Minneapolis, adalah anggota Dewan Pertahanan Kroasia yang terkenal brutal selama perang Balkan pada tahun 1990-an.

Dia dinyatakan bersalah di Bosnia atas berbagai tindak kejahatan, termasuk pembunuhan seorang wanita tua Serbia, dengan menembaknya melalui jendela kamar tidurnya. Dia masih menghadapi tuduhan kriminal lainnya di Bosnia.

Jakisa melarikan diri ke Amerika dan menyembunyikan tindak kriminalnya masa lalu, ketika ia mendaftar untuk menjadi penduduk tetap Amerika.

Dia mengoperasikan bisnis taksi di Forest Lake, di mana ia bermasalah dengan hukum karena mengemudi dalam kondisi mabuk dan berperilaku tidak tertib.

Jakisa mengatakan kepada hakim, ia harus berbohong sewaktu mengisi formulir imigrasi, karena kehidupan dirinya dan istrinya berada dalam bahaya di Bosnia. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG