Tautan-tautan Akses

AS Kirim Tim Ahli untuk Bantu Pencarian 276 Siswi Nigeria


Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki Selasa (6/5) menjelaskan mengenai pengiriman tim ahli AS untuk membantu Nigeria mencari 276 siswi yang diculik militan Boko Haram (foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki Selasa (6/5) menjelaskan mengenai pengiriman tim ahli AS untuk membantu Nigeria mencari 276 siswi yang diculik militan Boko Haram (foto: dok).

Pemerintah Amerika hari Selasa (6/5) mengatakan akan mengirim tim ahli ke Nigeria untuk membantu mencari lebih dari 250 siswi sekolah yang diculik oleh kelompok militan Boko Haram.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki Selasa (6/5) mengatakan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan telah menerima tawaran Amerika , setelah pembicaraan lewat telepon hari Selasa dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.

Dalam sebuah briefing, Psaki juga mengatakan, Kedutaan Besar Amerika di Abuja bersiap-siap mengirim team terpadu mencakup personel militer dan aparat penegak hukum Amerika.

Hari Senin militan Islamis Boko Haram merilis video yang menyatakan bertanggung jawab melakukan penculikan beberapa ratus pelajar putri pertengahan April dari sekolah menengah pertama di kota Chibok, di negara bagian Borno, Nigeria utara.

Lebih dari 300 pelajar putri diculik. Sejumlah dari mereka berhasil menyelamatkan diri, tetapi 276 pelajar masih hilang.

Hari Selasa, penduduk desa Warabe di Nigeria utara mengatakan militan Boko Haram juga dicurigai telah menculik delapan lagi anak perempuan di sana.

Penduduk desa itu mengatakan, bahwa gerombolan bersenjata menyerbu desa mereka hari Minggu dan menculik anak-anak perempuan itu.

Gerombolan datang dengan beberapa kendaraan dan juga menjarah pangan dan hewan ternak. Dalam sebuah rekaman video yang dirilis hari Senin, pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau mengatakan, “Saya menculik putri kalian, dan bersumpah akan menjual mereka di pasar”.
XS
SM
MD
LG