Tautan-tautan Akses

AS, Afghanistan Mulai Bahas Perjanjian Pasca Penarikan Pasukan


Deputi Utusan Khusus AS untuk Afghanistan James Warlick (kiri) dan Duta Besar Afghanistan di PBB Eklil Hakimi dalam konferensi pers di Kabul (15/11).
Deputi Utusan Khusus AS untuk Afghanistan James Warlick (kiri) dan Duta Besar Afghanistan di PBB Eklil Hakimi dalam konferensi pers di Kabul (15/11).

Wakil-wakil Amerika dan Afghanistan mulai membahas persetujuan keamanan bilateral pasca penarikan pasukan internasional tahun 2014 hari Kamis di Kabul.

Para pejabat Amerika dan Afghanistan telah memulai pembicaraan yang akan menentukan berapa banyak personil militer Amerika yang akan tinggal di Afghanistan setelah pasukan tempur internasional ditarik pada akhir tahun 2014.

Wakil-wakil kedua negara membahas persetujuan keamanan bilateral itu hari Kamis di Kabul.

Duta Besar Afghanistan di PBB Eklil Hakimi memimpin tim Afghanistan. Deputi Utusan Khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan James Warlick memimpin tim perunding Amerika.

Warlick memberitahu para wartawan dalam jumpa pers bahwa pembicaraan itu akan mencakup dasar hukum bagi tentara Amerika untuk bekerja di Afghanistan setelah 2014.

Presiden Hamid Karzai sejak lama mengatakan bahwa personil militer Amerika harus diadili di mahkamah lokal. Washington menekankan bahwa kasus kejahatan yang dilakukan tentara Amerika harus diadili di Amerika.

Kegagalan mencapai persetujuan serupa mengenai kekebalan hukum tentara Amerika di Irak merupakan satu faktor yang mengakhiri kehadiran militer Amerika di negara itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG