Tautan-tautan Akses

AS: Ada Bukti Kuat Rusia di Balik Kerusuhan di Ukraina


Juru bicara Deplu AS Victoria Nuland memberikan keterangan mengenai situasi di Ukraina di depan anggota Kongres AS, Rabu (9/4).

Juru bicara Deplu AS Victoria Nuland memberikan keterangan mengenai situasi di Ukraina di depan anggota Kongres AS, Rabu (9/4).

Juru bicara Deplu AS Rabu (9/4) mengatakan ada bukti sangat kuat kerusuhan di Ukraina timur “diatur sangat baik, terencana dan terarah”.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan “ada bukti sangat kuat” bahwa pergolakan pro-Rusia baru-baru ini di beberapa kota di Ukraina Timur merupakan upaya yang “diatur sangat baik, terencana dan terarah” untuk mengambil-alih gedung-gedung di beberapa kota dalam waktu 24 jam itu.

Victoria Nuland – diplomat tinggi Amerika di Eropa – menyampaikan pernyataan itu ketika ditanya oleh seorang anggota Kongres Amerika apakah Amerika punya bukti bahwa Rusia terlibat dalam kerusuhan itu.

Victoria Nulland hari Rabu (9/4) memberi keterangan bahwa insiden di Ukraina itu merupakan “peringatan” dan menambahkan “semua yang kita perjuangkan selama 40 tahun sebagai komunitas negara merdeka” kini terancam jika “tindakan-tindakan agresif” itu dibiarkan saja dan tanpa sanksi apapun.

Victoria Nulland menambahkan Amerika tidak berharap banyak dari perundingan empat pihak tentang Ukraina, tetapi penting untuk menjaga saluran-saluran komunikasi tetap terbuka.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov hari Rabu mengingatkan konfrontasi dengan para demonstran pro-Rusia di tiga daerah di Ukraina Timur harus diselesaikan dalam 48 jam ke depan, baik lewat perundingan atau kekerasan.

Arsen Avakov hari Rabu mengatakan kepada wartawan bahwa “solusi politik” masih mungkin. Tetapi ia menegaskan bahwa demonstran yang ingin berkonflik “akan mendapat tanggapan keras dari pemerintah Ukraina”.

Kelompok-kelompok pro-Rusia mengepung beberapa gedung pemerintah di Ukraina Timur dan menuntut referendum untuk bergabung dengan Rusia, dalam demonstrasi yang meningkat secara dramatis menentang pemerintah sementara Ukraina yang bersahabat dengan negara-negara Barat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG