Tautan-tautan Akses

AS: 2 Kelompok Militan Libya di Balik Serangan Benghazi


Gedung Konsulat AS di kota Benghazi diserang pada tanggal 11 September 2012 menewaskan Duta Besar AS dan 3 warga lainnya (foto: dok).

Gedung Konsulat AS di kota Benghazi diserang pada tanggal 11 September 2012 menewaskan Duta Besar AS dan 3 warga lainnya (foto: dok).

Serangan tanggal 11 September 2012 terhadap Konsulat AS di Benghazi menewaskan Dutabesar Amerika untuk Libya Chris Stevens, dan tiga warga Amerika lainnya.

Amerika Serikat telah menyebut dua kelompok militan di Libya sebagai organisasi teroris, dan mengatakan keduanya terlibat dalam serangan maut tahun 2012 terhadap Konsulat Amerika di Benghazi.

Kelompok itu adalah Ansar al-Sharia, satu di Benghazi dan yang lain di kota Darnah. Depertemen Luar Negeri Amerika menyatakan pemimpin-pemimpin kedua kelompok itu adalah teroris global.

Serangan tanggal 11 September 2012 di Benghazi menewaskan Dutabesar Amerika untuk Libya Chris Stevens, dan tiga warga Amerika lainnya.

Para pejabat Amerika mengatakan, kedua kelompok itu juga telah terlibat dalam serangan teroris terhadap penduduk sipil, dan juga pembunuhan dan usaha pembunuhan terhadap para pejabat keamanan dan para tokoh politik di Libya timur.

Serangan di Benghazi itu menjadi isu politik utama dalam kampanye presiden Amerika tahun 2012, dengan golongan partai Republik mengecam cara pemerintahan Presiden Obama menangani serangan itu, dan juga tingkat pengamanan di kedutaan Amerika di luar negeri.

Ansar al-Sharia adalah juga nama sebuah kelompok di Tunisia. Kelompok itu juga disebut sebagai organisasi teroris hari Jumat oleh Departemen Luar Negeri Amerika , yang menuduhnya melakukan serangan tanggal 14 September, 2012 terhadap Kedutaan Besar Amerika di Tunis dan sebuah sekolah Amerika di sana.
XS
SM
MD
LG