Tautan-tautan Akses

AS

Arus Masuk Migran Ilegal Lintas Perbatasan ke AS Capai Tingkat Terendah


Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Jeh Johnson (Foto: dok).

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Jeh Johnson (Foto: dok).

Pada awal Januari pihak berwenang imigrasi menangkap 121 orang dalam dalam operasi-operasi penggerebekan baru pertama yang menarget keluarga-keluarga yang secara ilegal memasuki Amerika Serikat.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan, Selasa, jumlah orang yang ditahan karena berusaha melintas masuk ke Amerika secara ilegal dari Meksiko turun 36 persen antara Desember dan Januari, atau mencapai titik terendah dalam setahun.

Ada 23.767 orang ditahan pada bulan Januari, dibanding lebih dari 37 ribu pada bulan Desember. Departemen itu mengatakan angka itu merupakan indikasi jumlah keseluruhan migran yang berusaha memasuki Amerika Serikat secara ilegal.

Pada awal Januari pihak berwenang imigrasi menangkap 121 orang dalam dalam operasi-operasi penggerebekan baru pertama yang menarget keluarga-keluarga yang secara ilegal memasuki Amerika Serikat. Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson tidak mengaitkan penangkapan itu dengan penurunan jumlah penahanan di perbatasan, namun menegaskan kembali pembelaannya atas kebijakannya yang diumumkan akhir November itu.

Ia mengatakan penurunan jumlah penahanan itu menggembirakan, namun pemerintah tidak dapat mengurangi operasi-operasi keamanan di perbatasan. [ab]

XS
SM
MD
LG