Tautan-tautan Akses

Artis Tiongkok yang Ditahan Dituduh Gelapkan Pajak


Para aktivis pro-demokrasi di Hongkong menuntut pembebasan Ai Weiwei, perancang stadion "Sarang Burung” Olimpiade Beijing 2008.

Para aktivis pro-demokrasi di Hongkong menuntut pembebasan Ai Weiwei, perancang stadion "Sarang Burung” Olimpiade Beijing 2008.

Pihak berwenang Tiongkok curiga perancang stadion "Sarang Burung” Olimpiade Beijing, Ai Weiwei mengelapkan pajak dalam jumlah besar.

Surat kabar pro-Beijing di Hong Kong mengatakan seorang seniman terkemuka Tiongkok yang hilang awal bulan ini dituduh menghindari pajak dan memusnahkan barang bukti.

Surat kabar Wen Wei Po dan Kung Pao Ta hari Kamis mengutip sumber-sumber yang mengatakan pihak berwenang Tiongkok curiga Ai Weiwei mengelakkan pajak dalam jumlah besar, dan menghancurkan dokumen yang dapat digunakan sebagai barang bukti untuk menjeratnya.

Artis terkenal di dunia internasional itu merancang stadion "Sarang Burung” Olimpiade Beijing yang merupakan pusat semua kegiatan olah raga musim panas tahun 2008. Keberadaan artis itu tidak diketahui sejak 3 April, ketika ia ditahan di bandara Beijing sewaktu hendak naik pesawat ke Hong Kong.

Kedua surat kabar itu melaporkan, Ai, seorang pengecam keras pemerintah Komunis Tiongkok, awalnya menolak bekerjasama dengan polisi tetapi kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan pihak berwajib. Menurut beberapa sumber, Ai juga dituduh punya anak dengan seorang perempuan bukan istrinya, serta memasang materi pornografi di Internet.

Adik Ai, Gao Ge, memberitahu seorang wartawan bahwa tuduhan-tuduhan itu "menggelikan." Ia mengatakan Ai menikahi istrinya, Lu Qing, di Amerika tetapi tidak mendaftarkan pernikahan itu di Tiongkok. Gao mengatakan kakaknya punya seorang anak dengan wanita lain, tapi ikatan itu terbuka dan bersahabat.

XS
SM
MD
LG