Tautan-tautan Akses

Penggunaan 8,7 Milyar Dolar Dana Rekonstruksi Irak Tak Jelas


Auditor Departemen Pertahanan AS mengatakan, sebagian besar dana untuk pembangunan kembali Irak tak dapat dipertanggungjawabkan.

Seorang auditor mengatakan, Departemen Pertahanan Amerika tidak dapat mempertanggungjawabkan penggunaan sebagian besar dari 9,1 milyar dolar dana untuk pembangunan kembali Irak.

Audit mendapati bahwa Departemen Pertahanan Amerika tidak dapat menjelaskan bagaimana 8,7 milyar dolar dari dana itu digunakan. Dikatakan, Pentagon tidak membuka rekening untuk sebagian besar dana, yang dikontrolnya dari tahun 2004 hingga 2007.

Tanpa rekening-rekening itu, menurut auditor, dana menjadi rentan penggunaan yang tidak layak dan kehilangan yang tidak terdeteksi.

Laporan itu tidak menuduh terjadinya kegiatan yang melanggar hukum.

Dari 8,7 milyar dana yang tidak ditangani dengan baik itu, menurut audit, Departemen Pertahanan tidak memiliki dokumentasi untuk 2,7 milyar dolar. Menanggapi audit itu, Departemen Pertahanan berjanji akan mengubah praktek-praktek akuntingnya.

Amerika masih memegang lebih dari 34 milyar dolar dalam dana itu, yang seharusnya diserahkan kepada pemerintah Irak tahun 2007.

XS
SM
MD
LG