Tautan-tautan Akses

6 Tewas, 10 Lain Terluka di Thailand Selatan


Polisi mengatakan enam orang ditemukan tewas di sebuah desa di provinsi Narathiwat.

Polisi Thailand mengatakan beberapa tersangka gerilyawan Islamis menembak mati enam warga dan melukai 10 petugas polisi hari Kamis di bagian selatan negara itu, sementara Amerika mengumumkan bantuan jutaan dolar bagi daerah yang bermasalah itu.

Tentara Thailand berpatroli di provinsi Narathiwat.

Tentara Thailand berpatroli di provinsi Narathiwat.

Polisi mengatakan enam orang ditemukan tewas di sebuah desa di provinsi Narathiwat. Sepuluh polisi juga terluka karena ledakan pinggir jalan saat mereka dalam perjalanan ke ke tempat kejadian.

Badan Pembangunan International Amerika (USAID) hari Kamis mengumumkan program rekonsiliasi lima tahun senilai 30 juta dollar untuk Thailand yang bertujuan memperkuat lembaga-lembaga sipil dan menggalakkan perdamaian.

Program itu akan menyalurkan jutaan dolar ke Thailand Selatan yang dirongrong pemberontakan, dengan tujuan mempengaruhi warga Muslim agar tidak ikut-ikutan dalam konflik dengan kekerasan.

Kekerasan di provinsi-provinsi Yala, Pattani, dan Narathiwat di Thailand selatan yang umumnya berpenduduk mayoritas Muslim, telah menewaskan sekitar 4000 orang sejak tahun 2004.

XS
SM
MD
LG