Tautan-tautan Akses

44 Senator Partai Republik Ancam Hambat Pengukuhan Menteri


Presiden Obama saat mencalonkan Menteri Perdagangan Gary Locke (foto: dok) untuk jabatan Dubes AS untuk Tiongkok (10/3).

Presiden Obama saat mencalonkan Menteri Perdagangan Gary Locke (foto: dok) untuk jabatan Dubes AS untuk Tiongkok (10/3).

Para Senator tersebut mengeluarkan peringatan tersebut dalam sepucuk surat kepada pemimpin mayoritas atau golongan Demokrat, Harry Reid.

Empat puluh empat Senator Amerika dari partai Republik mengancam akan menghambat pengukuhan Menteri Perdagangan yang baru, kalau pemerintahan Obama tidak mengajukan kepada Kongres tiga persetujuan perdagangan bebas yang sedang dipertimbangkan.

Para Senator tersebut mengeluarkan peringatan mereka, Senin, dalam sepucuk surat kepada pemimpin mayoritas atau golongan Demokrat, Harry Reid. Para Senator dari Partai Republik mengatakan pengukuhan calon-calon pejabat tinggi perdagangan lain juga akan tertunda, sampai Presiden Obama mengajukan perjanjian perdagangan bebas dengan Kolombia, Panama dan Korea Selatan untuk mendapat persetujuan Senat.

Peringatan ini dikeluarkan hanya beberapa hari setelah Presiden Obama mencalonkan Menteri Perniagaan Gary Locke untuk menjadi duta besar berikut untuk Tiongkok. Obama belum menunjuk calon pengganti Locke.

Tiga persetujuan perdagangan bebas semuanya telah dirundingkan dan ditandatangani pada masa kepresidenan George W. Bush.

Bulan lalu, Duta Perdagangan Amerika Ron Kirk mengatakan kepada Komisi Perdagangan DPR, Presiden berencana mengirim persetujuan perdagangan bebas Amerika-Korea Selatan kepada Kongres dalam minggu-minggu mendatang. Tetapi, masalah-masalah serius telah menahan persetujuan dengan Kolombia dan Panama. Ia tidak menawarkan jadwal penyerahan persetujuan dengan kedua negara Amerika Latin tersebut.

XS
SM
MD
LG